Blogger Jateng

Contoh RPP Bahasa Inggris Descriptive Terbaru


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan pendidikan       : SMP/MTS
Mata pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/semester            : VII
Alokasi waktu             : 1 x 45 menit

A. Standar Kompetensi:
1.      Mengungkapkan makna dalam media secara teks dan lisan fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk descriptive.
                                             
B. Kompetensi Dasar  :
1.      Mengungkapkan makna dalam teks media gambar monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterimadalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk : descriptive.
2.      Mengetahui makna vocabulary dalam teks monolog sederhana dan mengungkapan dengan bahasa lisan secara akurat dan lancer.

C. Indikator                :
Merespon ungkapan-ungkapan ;
1.      Mengenal bagian- bagian /komponen –komponen yang ada dalam media gambar.
2.      Mengidentifikasi komponen-komponen/ bagian -bagian yang ada dalam media gambar  descriptive.
3.      Membuat contoh teks descriptive berdasar situasi yang telah diberikan.

D. Tujuan Pembelajaran
1.      Diberi satu contoh dari media gambar, siswa dapat mengenal bagian- bagian /komponen –komponen yang ada dalam teks descriptive.
2.      Dengan contoh teks descriptive yang sama, siswa dapat mengidentifikasi komponen-komponen/ bagian -bagian yang ada dalamteks descriptive serta menjawab soal yang  diberikan guru.
                                   

E.  metode pembelajaran         : Media yang diberikan oleh guru

F.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     1.      Kegiatan Pendahuluan:
  • Guru memberikan greeting(melatih sopan santun, ,toleransi dan keakraban).
  • Guru mengecek kehadiran siswa (melatih tanggung jawab dan disiplin).
  • Guru menanyakan  pengalaman siswa yang berkaitan dengan yang akan dipelajari dengan menggunakan real object (guru mendeskripsikan salah satu murid di kelas ).
  • Guru menjelaskan kompetensi yang akan dipelajari.

  G. Kegiatan inti


Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa
1. -Memberikan contoh text descriptive kepada semua siswa dengan objek yang relevan
2.    - Memberikan pengenalan tentang bagian-bagian dalam Descriptive teks dengan menunjukkan contoh descriptive teks di depan kelas.
3.   -Meminta siswa mengidentifikasi      bagian-bagian Descriptive teks yang telah diberikan.
4.   -Meminta siswa untuk mengerjakan soal test yang di berikan.
 1. -Mendengarkan dengan seksama penjelasan yang diberikan oleh guru di depan kelas.
2.   -Mengenal bagian- bagian / komponen    –komponen yang ada dalam text Descriptive yang disediakan.

3.  -Mengidentifikasi bagian - bagian yg ada   dalamtext Descriptive  yang di sediakan.
4. - Mengerjakan soal text descriptive yang diberikan guru

H.       Kegiatan Penutup
Guru meminta siswa mengumpulkan semua lembar jawaban yang telah dikerjakan.

I.  Sumber belajar
- gambar beserta teks yang relevan

J . Penilaian
.- Descriptive Paragraph Writing.
1. Please describe the picture below.
2. Please describe the picture with vocabulary below.


K. Rubrik penilaian:

ASPEK
SKOR
KETERANGAN
LANGKAH RETORIKA
8
7
6
4
Berstruktur sesuai jenis text secara maksimal.
Berstruktur minimal sesuai jenis text.
Pilihan kata tidak jelas
Tidak berstruktur dan sulit dipahami
TATA BAHASADAN VOCABULARY
8
7
6
4
Benar dan tepat
Terkadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti.
Kurang tepat dan mempengaruhi arti.
Sulit dimengerti.
KEJELASAN MAKNA
8
7
6
4
Sangat jelas dan sangat efektif.
Cukup jelas dan efektif.
Jelas tapi tidak efektif
Kurang jelas
HUBUNGAN KALIMAT ANTAR KALIMAT
8
7
6
4
Sangat jelas.
Cukup jelas.
Kurang jelas.
Tidak jelas

L.  Pedoman Penilaian:
1. Jumlah skor maksimal per siswa: 100.
2. Nilai siswa diperoleh dengan cara menjumlahkan keseluruhan aspek rubrik penilaian di
    atas .
·         untuk tiap tiap Apek yang benar skor 25
·         jumlah skor maksimal  25 x 4 = 100
·         nilai maksimal = 100
·         nilai siswa = skor perolehan   X 100
                           skor maksimal.