RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
pendidikan : SMP/MTS
Mata
pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/semester
: VII
Alokasi
waktu :
1 x 45 menit
A.
Standar Kompetensi:
1. Mengungkapkan
makna dalam media
secara teks dan lisan fungsional pendek dan monolog sederhana
berbentuk descriptive.
B.
Kompetensi Dasar :
1.
Mengungkapkan makna dalam teks media gambar monolog sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan berterimadalam
berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk : descriptive.
2.
Mengetahui makna vocabulary dalam teks
monolog sederhana dan mengungkapan dengan bahasa lisan secara akurat dan
lancer.
C.
Indikator
:
Merespon ungkapan-ungkapan ;
1.
Mengenal bagian- bagian
/komponen –komponen yang ada dalam
media gambar.
2. Mengidentifikasi
komponen-komponen/ bagian -bagian yang ada dalam media gambar descriptive.
3.
Membuat contoh
teks descriptive berdasar situasi yang telah diberikan.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Diberi satu contoh dari media gambar, siswa dapat mengenal bagian-
bagian /komponen –komponen yang ada dalam teks descriptive.
2.
Dengan contoh teks descriptive yang sama, siswa dapat mengidentifikasi
komponen-komponen/ bagian -bagian yang ada dalamteks descriptive serta menjawab soal yang diberikan guru.
E. metode
pembelajaran : Media yang diberikan
oleh guru
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan:
- Guru memberikan greeting(melatih
sopan santun, ,toleransi dan keakraban).
- Guru mengecek kehadiran siswa
(melatih tanggung jawab dan disiplin).
- Guru
menanyakan pengalaman siswa yang berkaitan dengan yang akan
dipelajari dengan menggunakan real object (guru mendeskripsikan salah satu
murid di kelas ).
- Guru menjelaskan kompetensi yang
akan dipelajari.
G. Kegiatan inti
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1. -Memberikan contoh text descriptive kepada semua
siswa dengan objek yang relevan
2. - Memberikan pengenalan tentang bagian-bagian dalam
Descriptive teks dengan
menunjukkan contoh descriptive teks di depan kelas.
3. -Meminta siswa mengidentifikasi
bagian-bagian Descriptive teks yang telah diberikan.
4. -Meminta siswa untuk mengerjakan
soal test yang di berikan.
|
1. -Mendengarkan dengan seksama penjelasan
yang diberikan oleh guru di depan kelas.
2. -Mengenal bagian- bagian / komponen
–komponen yang ada dalam text Descriptive
yang disediakan.
3. -Mengidentifikasi bagian - bagian yg ada dalamtext Descriptive yang di sediakan.
4. - Mengerjakan soal text descriptive
yang diberikan guru
|
H. Kegiatan
Penutup
- Guru meminta siswa mengumpulkan semua lembar jawaban yang telah dikerjakan.
I.
Sumber belajar
- gambar beserta teks yang relevan
J
. Penilaian
.-
Descriptive Paragraph Writing.
1.
Please describe the picture below.
2.
Please describe the picture with vocabulary below.
K. Rubrik penilaian:
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
LANGKAH RETORIKA
|
8
7
6
4
|
Berstruktur sesuai jenis text secara maksimal.
Berstruktur minimal sesuai jenis text.
Pilihan kata tidak jelas
Tidak berstruktur dan sulit dipahami
|
TATA
BAHASADAN VOCABULARY
|
8
7
6
4
|
Benar dan tepat
Terkadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti.
Kurang tepat dan mempengaruhi arti.
Sulit dimengerti.
|
KEJELASAN MAKNA
|
8
7
6
4
|
Sangat jelas dan sangat efektif.
Cukup jelas dan efektif.
Jelas tapi tidak efektif
Kurang jelas
|
HUBUNGAN KALIMAT ANTAR KALIMAT
|
8
7
6
4
|
Sangat jelas.
Cukup jelas.
Kurang jelas.
Tidak jelas
|
L. Pedoman Penilaian:
1. Jumlah skor maksimal per siswa: 100.
2. Nilai siswa diperoleh dengan cara menjumlahkan keseluruhan aspek
rubrik penilaian di
atas .
· untuk
tiap tiap Apek yang benar skor 25
· jumlah
skor maksimal 25 x 4 = 100
· nilai
maksimal = 100
· nilai siswa = skor perolehan X 100
skor maksimal.