Blogger Jateng

Cara Membalas Pesan Otomatis Di WhatsApp | Fitur AutoReply Mudah

--Cara Membalas Pesan Otomatis Di WhatsApp | Fitur AutoReply Mudah--

Biasanya untuk pengguna wa yang mayoritas orang sibuk, tidak sempat untuk membalas atau memberi kabar kepada orang yang mengirim pesan.

Oleh karena itu, kebanyakan orang menginstal wa bussiness. Tapi, apakah tidak terlalu ribet ?

Mungkin tulisan dibawah ini bisa membantu kalian yang ingin menggunakan fitur auto reply di wa. Langsung saja simak pembahasan berikut.

Nama aplikasinya adalah Auto Responder, kalian bisa mengunduhnya di google play store..

1. Jalankan aplikasi Auto Responder yang sudah di download

2. lalu pilih + pada halaman utamanya

3. Selanjutnya akan muncul panel yang disebut dengan panel Rule, di mana Anda bisa menentukan frase yang akan dijawab secara otomatis oleh mesin. Di tahap pertama, kita buat rule penjawab otomatis untuk semua pesan yang masuk. Jadi, apapun teks yang diterima oleh WhatsApp akan langsung dijawab oleh mesin.

4. selanjutnya pilih All
5. Setelah itu, pilih opsi Exact Match dan isi kolom Reply Message dengan kalimat yang ingin Anda kirimkan sebagai respon ke pengirim pesan atau pelanggan.
6. Opsi Receiver untuk sementara pilih saja Individuals walaupun Anda bisa juga mengaktifkannya untuk grup, tetapi jika Anda tergabung ke dalam banyak grup, fitur ini tidak direkomendasikan

7. Specified contacts bisa diisi jika Anda menginginkan respon otomatis hanya dikirimkan ke kontak tertentu. Sementara Ignore Contacts bisa diisi untuk mengeluarkan kontak dari daftar sehingga ia tidak akan menerima respon otomatis dari mesin penjawab. Apabila sudah diisi semua (kecuali yang versi Pro), sekarang tap tanda centang di kanan bawah layar.

8. Rule telah ditambahkan, sekarang ulangi langkah pertama untuk membuat rule kedua
9. Kalau tadi kita membuat rule untuk menjawab otomatis semua pesan yang masuk, apapun pesannya. Sekarang, kita akan membuat rule agar WhatsApp hanya menjawab pertanyaan atau pesan tertentu saja yang mempunyai kesamaan teks

10. Misalnya, frase yang akan direspon dibuat Berapa Harga, kemudian dipilih opsi Similarity match. Maka, mesin penjawab otomatis hanya akan merespon pesan yang menggunakan kedua frase ini atau memiliki kesamaan. Sama, isi juga pesan respon yang ingin dikirimkan ke penanya

11. Lalu tentukan kontak yang termasuk dalam list dan kontak yang tidak akan menerima respon otomatis. Terakhir tap tombol centang untuk menyimpan rule.


Cukup simple dan ini bisa jadi solusi bagi pelaku bisnis yang masih menggunakan WhatsApp Personal. Hanya saja, dari percobaan sekilas, aplikasi ini ternyata akan bekerja di semua aplikasi WhatsApp yang terpasang termasuk yang dibuat menggunakan fitur kloning yang sekarang sudah tersedia di banyak merk smartphone. Pengembang AutoResponder for WA sendiri sudah memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengaplikasikan fungsi ke WhatsApp yang lebih spesifik, apakah hanya untuk aplikasi resmi, semua versi, WhatsApp Business atau GB WA.