Satuan
pendidikan : SMP/MTS
Mata
pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/semester
: VII
Alokasi
waktu :
1 x 45 menit
A. Standar Kompetensi:
2. Mengungkapkan
serta menirukan kata dalam media gambar secara lisan.
6. Menerapkan
kata kemudian dikembangkan menjadi paragraph sederhana dari obyek gambar pada
media.
B. Kompetensi Dasar :
2.1 Mengungkapkan
makna dalam teks media gambar monolog sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
2.2 Mengetahui makna vocabulary dalam teks
monolog sederhana dan mengungkapan dengan bahasa lisan secara akurat dan lancar.
6.1 Menulis kata vocabulary pada media
gambar kemudian dikembangkan menjadi paragraph sederhana dengan mendiskripsikan
gambar tersebut.
C. Indikator
Merespon ungkapan-ungkapan ;
1.
Mengenal bagian- bagian
/komponen –komponen yang ada dalam
media gambar.
2.
Mengidentifikasi
komponen-komponen/ bagian -bagian yang ada dalam media gambar descriptive.
3.
Membuat contoh
teks descriptive berdasar situasi yang telah diberikan.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Diberi satu contoh dari media gambar, siswa dapat mengenal bagian-
bagian /komponen –komponen yang ada dalam teks descriptive.
2.
Dengan contoh teks descriptive yang sama, siswa dapat mengidentifikasi
komponen-komponen/ bagian -bagian yang ada dalam teks
descriptive serta menjawab soal yang diberikan guru.
E. metode pembelajaran
Media Gambar
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan:
- Guru memberikan greeting(melatih
sopan santun, toleransi dan keakraban).
- Guru
menanyakan pengalaman siswa yang berkaitan dengan yang akan
dipelajari dengan menggunakan real object (guru mendeskripsikan salah satu
murid di kelas ).
- Guru menjelaskan kompetensi yang
akan dipelajari.
G. Kegiatan
inti
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
1.
-Menunjukan gambar serta menjelaskan vocabulary pada gambar kepada semua
siswa dengan objek yang relevan
2. - Memberikan
pengenalan tentang bagian-bagian dalam dalam gambar dengan menunjukkan contoh teks di depan kelas.
3.
-Meminta siswa mengidentifikasi bagian-bagian
pada gambar yang telah
diberikan.
4. -Meminta siswa untuk mendeskripsikan gambar sebagai
soal latihan.
|
1.
-Mendengarkan dengan seksama penjelasan yang diberikan oleh guru di depan
kelas.
2.
-Mengenal bagian- bagian / komponen
–komponen yang ada dalam media
gambar yang disediakan.
3. -Mengidentifikasi
bagian - bagian yg ada dalam
media gambar yang di sediakan.
4. - Mengerjakan
soal descriptive berdasarkan gambar yang diberikan guru
|
H. Kegiatan
Penutup
- Guru meminta siswa mengumpulkan semua lembar jawaban yang telah dikerjakan.
I. Sumber belajar
- gambar beserta teks yang relevan
J . Penilaian
.-
Descriptive Paragraph Writing.
1.
Please describe the picture below.
2.
Please describe the picture with vocabulary below.
K. Rubrik penilaian:
Speaking
skill dan writing skill
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
LANGKAH RETORIKA
|
8
7
6
4
|
Berstruktur
sesuai jenis text secara maksimal.
Berstruktur
minimal sesuai jenis text.
Pilihan
kata tidak jelas
Tidak
berstruktur dan sulit dipahami
|
TATA BAHASADAN VOCABULARY
|
8
7
6
4
|
Benar
dan tepat
Terkadang
kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti.
Kurang
tepat dan mempengaruhi arti.
Sulit
dimengerti.
|
KEJELASAN MAKNA
|
8
7
6
4
|
Sangat
jelas dan sangat efektif.
Cukup
jelas dan efektif.
Jelas
tapi tidak efektif
Kurang
jelas
|
HUBUNGAN
KALIMAT ANTAR KALIMAT
|
8
7
6
4
|
Sangat jelas.
Cukup
jelas.
Kurang
jelas.
Tidak
jelas
|
L. Pedoman Penilaian:
1. Jumlah skor maksimal per siswa: 100.
2. Nilai siswa diperoleh dengan cara menjumlahkan keseluruhan aspek
rubrik penilaian di
atas .
· untuk
tiap tiap Apek yang benar skor 25
· jumlah
skor maksimal 25 x 4 = 100
· nilai
maksimal = 100
· nilai siswa = skor perolehan X 100
skor maksimal.