Blogger Jateng

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP : Invitation/undangan resmi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                   : SMA NEGRI
Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris
Kelas                                 : XI / 2
Materi Pembelajaran         : Invitation/undangan resmi
Alokasi Waktu                  : 2 jam pelajaran

A.    KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkanperilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji, dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
3.3 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3        Teks Undangan Resmi
4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja
4.3.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

Indikator
3.3.1menganalisis fungsi sosial dalam bentuk undangan resmi
3.3.2mengatur struktur teks undangan resmi
3.3.3 menyusun unsur kebahasaan teks undangan resmi
4.3.1 merancang teks undangan resmi
4.3.2mengkumpulkan makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan tkes khusus dalam bentuk undangan resmi.
4.3.3membentuk teks khusus dalam bentuk undangan resmi terkait sekolah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa terampil mengidentifikasikan karakteristik, stuktur teks, menjelaskan penggunaan dan membuat undangan resmi dengan benar
D.    MATERI PEMBELAJARAN
Teks tulis berbentuk undangan resmi
·   Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dalam konteks resmi
·   Struktur Teks
Dapat mencakup:
-        Sapaan
-        Isi
-        Penutup
·   Unsur Kebahasaan
-   Ungkapan dan istilah yang digunakan dalam undangan resmi
-   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Acara formal yang terkait dengan sekolah, rumah, dan masyarakat yang dapatmenumbuhkan perilaku yang termuat di KI

OSIS SMA Negeri  kediri
Jl. Kusumabangsa No. 21 kediri
  
Surabaya,11 April 2014
No: 01/OSIS/UND EX/V/14
Lamp : -
Hal: Undangan PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni)

Kepada Yth
Pengurus OSIS
SMAN pare
Jl. Kusumabangsa No. 21 kediri
Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan berakhirnya tahun ajaran 2010/2014,kami selaku pengurus OSIS SMA Negeri  kediri memohon kehadiran perwakilan sekolah untuk mengikuti berbagai perlombaan yang akan diselenggarakan pada:

hari : Senin,17 April 2014 - Kamis,20 April 2014
waktu : Pukul 08.00 WIB s/d selesai
tempat : Lapangan SMA Negeri kediri
acara : PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni)

Karena cukup pentingnya acara tersebut,kami mengharapkan kedatangan para perwakilan sekolah dan dapat hadir tepat waktu.

Hormat kami

Nur Indah Pratiwi


PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 249 JAKARTA
Jalan Jaya 25 No.41 Cengkareng Barat Telp. (021)XXXXXXX Kode Pos 11820
===============================================================
No.               :  227/55 /.202 / 2014                                   Jakarta, 2 Juli 2014
Lampiran       : ...............................
Perihal           : Undangan Ambil Raport                  Yth. Bapak/Ibu/Orang Tua / Wali
                                                                                        Peserta Didik Kelas VII, VII
                                                                                                 SMP N 249
                                                                                                   Di Jakarta


Dengan ini kami sampaikan undangan untuk ambil Raport Semester Genap Untuk Kelas VII tahun pelajaran 2014-2014 yang akan dilaksanakan pada :

Hari: Jum'at
Tanggal: 5 Juli 2014
Jam: 10.00 WIB
Tempat: di kelas masing-masing

Demikian undangan ini, semoga dapat hadir pada waktu yang tepat, apabila ada perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan  terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala SMP N 249 Jakarta

tanda tangan dan stempel

Nama : xxxxxxxxxxxxxxx
NIP : xxxxxxxxxxxxxxxxx

Making invitations

Invitations are often structured into three parts: asking the person if they're free, saying what the event is, then inviting the person to attend. For example:
Do you know how to invite someone to your house for dinner or to go to the movies?
 What do you say in English when someone invites you?
 Here are some common expressions you can use when making or responding to invitations

Inviting:
Ø  Do you want to go to the movies tonight?
Ø  Would you like to go to the theater tomorrow?
Ø  Would you be interested in going to the the stadium next Sunday?
Ø  How do you fancy going to the the restaurant for dinner?
Ø  How about going to the movies?
Ø  Care to come over for lunch?
Ø  I was just wondering if you would like to come over for a drink.
Ø  We'd be delighted to have you over for my birthday party.

Accepting invitations:
Ø  Sure. What time?
Ø  I'd love to, thanks.
Ø  That's very kind of you, thanks.
Ø  That sounds lovely, thank you.
Ø  What a great idea, thank you.
Ø  Sure. When should I be there?

Declining invitations:
Ø  I can't.  I have to work.
Ø  This evening is no good.  I have an appointment.
Ø  I'm busy tomorrow.  Can I take a rain check* on that? 
Ø  That's very kind of you, but actually I'm doing something else this afternoon.
Ø  Well, I'd love to, but I'm already going out to the restaurant.
Ø  I'm really sorry, but I've got something else on.
Ø  I really don't think I can - I'm supposed to be doing something else.


(*rain check: used to tell someone that you cannot accept invitations now, but would like to do so at a later time)
Dialogue:

Mike and Ann are in a wedding party: Mike: Do you want to dance?
Ann:    No thanks. I'm a bit tired right now
Mike:   How about having a drink?
Ann:    Sure, I'd love to!


E.     Metode :
, diskusi, tanya jawab, penugasan

F.     Media :
Laptop, Computer, LCD, Rekaman untuk Listening, Loud Speaker, Film/gambar, Power Point Presentation

G.    Sumber :
§  Buku Pathway 1 Wajib – Th. Sudarwati –Euodia Grace –Penerbit Erlangga, Jakarta, Unit 1
§  Audio : Rekaman percakapan dan monologue tentang pemaparan jati diri
§  Visual : Film pendek tentang seseorang yang memaparkan jati dirinya.
§  internet

H.    Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1
1.         Kegiatan Pendahuluan
a.    menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
b.    memberi motivasi belajar
c.    mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:
d.    menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

2.        Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
a.    Peserta didik melihat contoh-contoh undangan.
b.    Peserta didik membaca teks undangan yang diberikan
c.    Peserta didik mengidentifikasikan dan mencatat kata – kata dari undangan  yang diberikan

Menanya (Questioning)
a.    Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan antara lain perbedaan dan persamaan perbedaan tentang surat undangan resmi dan tak resmi
b.    Peserta  didik bertanya tentang berbagai konteks penggunaan undangan resmi dan tak resmi dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.


Mengumpulkan Data (Exploring)
a.    Peserta didik mengidentifikasi hal-hal yang harus tercantum dalam sebuah surat undangan.
b.    Peserta didik menjawab pertanyaan atau menentukan bagian – bagian dari surat undangan
c.    Peserta didik mencari contoh surat undangan di internet

Mengasosiasi (Associating)
a.    Peserta didik secara berkelompok membaca sebuah teks undangan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
b.     Peserta didik secara berkelompok membandingkan dan mencatat perbedaan surat undangan resmi dan tak resmi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Mengkomunikasikan
a.       Peserta didik secara berkelompok melaporkan hasil membandingkan   surat undangan resmi dan tak resmi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

3.         Penutup
a.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
b.    Guru bersama –sama dengan peserta didik menyimpulkan pembelajaran
c.    Guru melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
d.    Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya



I.       Penilaian :
1)      Penilaian sikap spiritual dan sosial
a.       Instrumen penilaian sikap spiritual (lembar pengamatan terlampir)
b.      Instrumen penilaian sikap sosial (lembar pengamatan terlampir)
2)      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan : Tes Tertulis (soal terlampir)
3)      Penilaian penerapan dilakukan dengan penilaian rubrik (lembar rubrik
      terlampir)

Lampiran 1 :

Lembar pengamatan penilaian sikap spiritual

No
Indikator
Nomor daftar hadir siswa kelas X -1
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
32
1
Siswa menunjukan semangat
dalam mengikuti pembelajaran














2
Siswa menunjukan keseriusan
dalam mengikuti pembelajaran















Kriteria penilaian  semangat :
4 = dapat menjadi teladan dalam menunjukan semangat (tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan, menghargai waktu, belajar dengan sepenuh hati/ikhlas, rajin belajar) dalam mengikuti pembelajaran
3 = telah menunjukan semangat (tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan, menghargai waktu, belajar dengan sepenuh hati/ikhlas, rajin belajar) dalam mengikuti pembelajaran
2 = mulai menampakan semangat( tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan, menghargai waktu, belajar dengan sepenuh hati/ikhlas, rajin belajar )dalam mengikuti pembelajaran, namun belum sepenuhnya.
1=  belum menampakan semangat( tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan, menghargai waktu, belajar dengan sepenuh hati/ikhlas, rajin belajar )sama sekali dalam mengikuti pembelajaran

Kriteria penilaian  serius :
4 = dapat menjadi teladan dalam menunjukan serius(berkomitmen tinggi, sedia bekerja keras, bersungguh-sungguh)  dalam mengikuti pembelajaran
3 = telah menunjukan serius(berkomitmen tinggi, sedia bekerja keras, bersungguh-sungguh)  dalam mengikuti pembelajaran
2 = mulai menampakan serius tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan, menghargai
waktu, belajar dengan sepenuh hati/ikhlas, rajin belajar dalam mengikut pembelajaran, namun belum sepenuhnya.
1=  belum menampakan serius tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan, menghargai
waktu, belajar dengan sepenuh hati/ikhlas, rajin belajar sama sekali dalam mengikuti
pembelajaran


Lembar pengamatan penilaian sikap sosial

No
Indikator
Nomor daftar hadir siswa kelas X -1
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
32
1
Siswa menunjukkan perilaku  rasa percaya diri saat melakukan kegiatan percakapan transaksional














2
Siswa menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan baik individu maupun kelompok
















Kriteria penilaian perilaku percaya diri:
-          Tidak mudah menyerah pada keadaan sulit
-          Memilik cara pandang yang positif terhadap diri sendiri
-          Memiliki pengendalian diri yang baik
-          Memiliki kestabilan dalam emosi

Nilai : 4 = sangat baik    3 = baik     2= cukup baik     1= kurang

Kriteria penilaian perilaku tanggung jawab:
-          Melaksanakan tugas dan kewajiban dengan kesadaran yang tinggi
-          Menciptakan keadaan lebih baik dari yang lalu

Nilai : 4 = sangat baik    3 = baik     2= cukup baik     1= kurang


Lampiran 2 :

Kisi-kisi soal pengetahuan dan penerapan

No
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Kelas/
semester

Materi
Pokok
Indikator soal
Nomor
soal
1
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,                  teknologi,seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,                          kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan                           kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang                            spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.




















.
X/1
Teks lisan dan tulis pemaparan jati diri
Diperdengarkan sebuah teks percakapan tentang pemaparan jati diri, siswa dapat memilih jawaban yang tepat dengan menentukan:
-informasi
  tertentu
-informasi rinci


Diberikan sebuah teks percakapan rumpang tentang pemaparan jati diri, siswa dapat melengkapinya dengan memilih jawaban yang tepat

Diberikan sebuah teks monolog acak tentang pemaparan jatidiri, siswa dapat menyusunnya dengan struktur yang tepat



1
(PG)

2,3
(PG)

4-10
PG








1
Uraian










Prak
tek


2
Uraian




No
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Kelas/
semester

Materi
Pokok
Indikator soal
Nomor
soal
2
KI 4  :  
Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1 Menangkap makna pemaparan jati diri lisan

4.2  Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks
X/1
Teks lisan dan tulis pemaparan jati diri
Diberikan sebuah percakapan, siswa dapat meresponnya dengan ungkapan pemaparan jati diri yang sesuai

Diberikan sebuah konteks, siswa dapat menulis teks monolog pemaparan jati diri dengan struktur, bentuk bahasa, kosa kata dan format penulisan yang baik dan benar

Melakukan monolog pemaparan jati diri dengan struktur teks, bentuk bahasa, kosa kata, format penyampaian yang baik dan benar


 16
(uraian)

















17
(uraian)




Lampiran 3 :
SPEAKING   RUBRIC   ASSESSMENT

Name  : ………………………………………… Class/Number : ……../ ……..
Name  : ………………………………………… Class/Number : ……../ ……..
KKM   : 75

No
Criteria to be assessed
Low performance
75
Good
Performance
80-85
Very Good
Performance
90
Score


1.
Pronunciation
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
perfect pronunciation

2.
Intonation
monotonous
begins to vary the intonation
Accurate intonation

3.
Grammar
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
no mistakes in grammar

4.
Content
plain/simple
begins to add some information
add more personal information


                                                                                          Total score                                                                     


                                                                         Final Score = Total score : 4



WRITING RUBRIC   ASSESSMENT

Name  : ………………………………………… Class/Number : ……../ ……..

No
Criteria to be assessed
Low performance
75
Good
Performance
80-85
Very Good
Performance
90
Score


1.
Content
plain/simple
begins to add some information
add more personal information

2.
Sentence formation
Use simple sentences
begins to vary simple sentences and compound sentences
Use simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly

3.
Grammar
Too many mistakes
6 until 10 mistakes
Under 5
mistakes

4.
Vocabulary
Basic Vocabulary, less precise
Developed vocabulary
Purposefully chosen vocabulary

5.
Writing
Mechanic
Some errors with spelling and punctuation
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling

6.
Tidiness and deadline
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
Write quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
Write neatly, clear font, submit the work in/on time


                                                                                              Total score


                                                                  Final Score = Total score : 6




Mranggen,   Juli 2014


Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



Didik Ariyanto, S. Pd                                                             Ulis Sa’adah, S.Pd