Blogger Jateng

Alasan Mengapa Wi-Fi Harus Dimatikan Saat Lepas Landas dan Mendarat

 

Alasan Mengapa Wi-Fi Harus Dimatikan Saat Lepas Landas dan Mendarat
Gambar : kaskus.com

Pengamat Penerbangan Alvin Lie menjelaskan mengapa wifi harus dimatikan saat lepas landas dan mendarat untuk mencegah keadaan darurat saat lepas landas dan mendarat.

"Wi-Fi pesawat dimatikan saat lepas landas dan mendarat karena unit kerja pesawat atau personel positif penumpang harus fokus penuh ketika terjadi sesuatu yang berbahaya," jelasnya, Selasa (17/1)

Seperti biasa. Fungsi Wi-Fi diketahui terhubung ke jaringan nirkabel atau menara ponsel, perangkat elektronik seperti pemancar gelombang radio berdaya rendah (selalu hingga 0,25 W di ponsel) yang terhubung ke menara seluler dan relai lain yang mengirimkan sinyal keluar. , tetapi juga bertindak sebagai penyambut untuk menerima sinyal masuk.

Jika menara ponsel atau perangkat penerima lainnya relatif dekat, perangkat tidak perlu menghabiskan banyak energi untuk mencari sinyal menara dan memperkuat sinyal antara menara dan perangkat. Selain itu, untuk keselamatan, penumpang harus memperhatikan instruksi unit kerja kabin saat lepas landas dan mendarat.

Penggunaan Wi-Fi saat lepas landas dan mendarat dikhawatirkan berbahaya, mengganggu staf pesawat dan penumpang di saat-saat kritis.

“Yang terpenting instruksi pilot dan awak kabin terdengar jelas oleh penumpang,” tambah Alvin Lie.

Selain Wi-Fi, Alvin Lie mengatakan dilarang menggunakan ponsel lain saat lepas landas dan mendarat. "Penggunaan headphone, earphone, dan perangkat handsfree dilarang saat lepas landas dan mendarat," katanya.