Blogger Jateng

Media Audio Visual Pembelajaran

Media Audio Visual Pembelajaran--

Asalamualaikum,
kali ini saya akan membahasa tentang media audio visual dalam pembelajaran, nah sobat apa kalian tau apa sih itu media visual.

Media audio visual adalah merupakan media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.

Media Audio Visual

Dalam pembahasan ini akan dipaparkan sebagian dari bentuk media audio visual yang dapat diklasifikasikan menjadi delapan kelas yaitu:
  1. Media audio visual gerak contoh, televisi, video tape, film dan media audio pada umumnaya seperti kaset program, piringan, dan sebagainya.
  2. Media audio visual diam contoh, filmastip bersuara, slide bersuara, komik dengan suara.
  3. Media audio semi gerak contoh, telewriter, mose, dan media board.
  4. Media visual gerak contoh, film bisu
  5. Media visual diam contoh microfon, gambar, dan grafis, peta globe, bagan, dan sebagainya
  6. Media seni gerak
  7. Media audio contoh, radio, telepon, tape, disk dan sebagainya
  8. Media cetak contoh, televisi (Soedjarwono, 1997: 175).
 Sebagai contohnya disini saya membuat video sobat, kita bisa membuat sendiri video atau clip endek untuk pembelajaran atau mendownload dari orang lain atau video official yang ada.
 
Kalau sobat ingin membuat sendiri, caranya gampang-gampang susah,, sobat bisa menggunakan aplikasi editing video seperti camtasia studio, movie maker, atau adobe. Bagi pengguna smartphone bisa juga sih kalian langsung download secara free di playstore untuk android atau appstore untuk iphone/ios.

Kali ini saya menggunakan camtasia, berhubung saya masih newbie nih, cuma tau sedikit aja cara editing nya. Biasana sih cuma memotong saja, kalau ada kesalahan dalam perekaman, atau mebuang beberapa cuplikan yang tidak penting.

Untuk memotong video pertama kita import media dulu atau videonya lalu tambahkan ke time line, jika sudah geser tanda hijau dari awal detik video yg akan dipotong dan tanda merah untuk akhir video yang dipotong

proses memotong video dari timeline menggunakan camtasia 


 Lalu klik tanda cut diatas time line, maka video kalian sobat akan menjadi 2 bagian, sobat bisa menghapus video yang dipotong tadi atau memindahkannya diakhir bagian sebagai behind the scene 😉 tinggal di geser aja kok sobat di time line nya

Jika sobat ingin menambahkan video lainya caranya mudah, import dulu videonya, lalu video tersebut akan berada di atas track video pertama tadi, sesuaikan urutanya agar ideonya tidak tumpang tindih sobat.


menggabungkan join video dari timeline menggunakan camtasia

Banyak sekali menu untuk editingnya, seperti memperlambat video, menambahkan gambar atau suara, dan banyak lagi, kalian bisa cari saja tutorialnya di youtube.com hehe, saya juga masih belajar, seru sobat kalau sudah pro editing video, semoga bermanfaat sobat..

Wasalamualaikum wr wb.