Blogger Jateng

Media Visual Pembelajaran Bahasa Inggris

Media Visual Pembelajaran Bahasa Inggris--

Asalamualaikum
Ketemu lagi dengan saya sahabat elt, kali ini saya akan menunjukan tentang cara membuat media visual dalam pembelajaran. Sebelum itu apa sih media visual itu, nah kita akan pelajari lebih lanjut.

Media Visual (Daryanto, 1993:27), artinya semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat panca-indera mata.Media visual ( image atau perumpamaan) memegang peran yang sangatpenting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata.

Nah kali ini saya akan share media visual yang telah saya buat.


Dalam materi yang saya gunakan dengan media gambar tersebut adalah untuk pembelajaran writing, speaking, serta grammar, karen dalam media gambar ini bsa untuk menjelaskan phrase dalam menyebutkan nama-nama bagian dalam gambar tersebut. Tentu saja siswa akan mengetahui penulisan serta pengucapanya yg didampingi oleh guru.

untuk proses pembuatanya seperti ini 

1. Siapkan kertas karton besar sebagai media yang akan di gambar
2. Lipat kertas menjadi dua bagian sehingga terdapat 4 halaman 
3. Gambar sketsa wajah pada halaman pertama menggunakan pensil gambar 
4. Lalu biarkan halaman kedua kosong 
5. Pada halaman ketiga tulislah phrase mengenai bagian-bagian wajah yang telah digambar pada halaman pertama tadi 
6. Misalkan “pointed nose” pastikan lurus dengan gambar hidung yang ada pada halaman pertama 
7.    Jika sudah potong kertas secara menyamping pada bagian-wajah pada halaman pertama sehingga jika kita membuka gambar hidung maka phrase pointed nose akan terlihat, begitu seterusnya pada bagian wajah yang lain.

media ini bisa digunakan untuk jenjang Sd maupun Smp, mudah kan?

Apabila sahabat elt ingin membuat media seperti yang saya buat bisa menggunakan gambar yang lain sesuai tentang materi pembelajaran.

Bagaimana sahabat elt? untuk artikel selanjutnya ditunggu saja, always update kok, apabila ada kurang lebihnya mohon dimaafkan, apabila sahabat ingin memberi masukan, akan lebih baik untuk saya dan kita kedepanya, semoga bermanfaat.

Terima kasih, wasalamualaikum wr wb.